ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG BERADA PADA INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Dilawatil Hikmah
  • Ramadhani Hamzah STIE Bisnis Indonesia
  • Eleonora Sofilda Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.36310/jebi.v11i2.14

Keywords:

Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS),Debt To Equity Ratio (DER),Price Earning Ratio (PER) dan Harga Saham.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas (CR), rasio profitabilitas (NPM, ROA, ROE, EPS), rasio solvabilitas (DER) dan rasio pasar (PER) terhadap harga saham (Y) pada perusahaan yang berada pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan anggota emiten LQ45 periode Januari 2014 yang selama 5 tahun eksis dari Februari 2009 sampai Januari 2014. Metode sampel yang digunakan adalah purpose sampling (sampling bersyarat). Adapun jumlah sampel yang terpilih memenuhi syarat sebanyak 21 emiten dari 45 emiten. Teknis analisis data menggunakan Eviews 7.1 yaitu dengan metode cross sectional weight dengan pendekatan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama maupun secara parsial variabel CR, NPM, ROA, ROE, EPS, DER, dan PER memiliki pengaruh terhadap harga saham. Namun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham adalah NPM dan PER. Maka para investor dapat menilai kinerja perusahaan dengan melihat dari rasio keuangan dan melakukan penilaian terhadap harga saham sehingga dengan mudah dapat menentukan saham yang baik sebelum berinvestasi di BEI.

Downloads

Published

2016-05-14

How to Cite

Hikmah, D., Hamzah, R., & Sofilda, E. (2016). ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG BERADA PADA INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA. JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 11(2), 1-16. https://doi.org/10.36310/jebi.v11i2.14