ANALISIS PENGARUH REKRUTMEN, PELATIHAN, DISIPLIN DAN PROMOSI ASURANSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMI PUTERA 1912 CABANG GLODOK JAKARTA BARAT

Authors

  • Amiruddin Amiruddin

DOI:

https://doi.org/10.36310/jebi.v10i2.47

Keywords:

Rekrutmen, Pelatihan, Disiplin, Promosi Asuransi dan Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rekrutmen, pelatihan, disiplin dan
promosi asuransi terhadap penjualan produk Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera 1912
Cabang Glodok Jakarta Barat. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling probabilitas atau
random sampling. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi yaitu seluruh agen Asuransi Jiwa
Bersama (AJB) Bumi Putera 1912 Cabang Glodok Jakarta Barat sebanyak 65 agen. Sampel sebanyak
41 agen. Dalam penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Untuk menganalisis data dalam
penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diuji melalui SPSS untuk
mengetahui pengaruh antara variabel X terhadap Y. Dari uji secara simultan, diketahui untuk variabel
rekrutmen, pelatihan, disiplin dan promosi asuransi dengan nilai F sebesar 95,713 dengan F hitung tabel
(df=36 dan N=41) sebesar 2,63, karena nilai t sebesar 95,713 > nilai t sebesar 2,63 dan nilai hitung tabel
signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak artinya rekrutmen,
pelatihan, disiplin dan promosi asuransi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
penjualan. diketahui nilai R sebesar 0,956 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara
variabel rekrutmen, pelatihan, disiplin dan promosi asuransi terhadap penjualan. Sementara itu nilai
Adjusted R Square sebesar 0,905 sehingga variabel independent yang terdiri dari rekrutmen,
pelatihan, disiplin dan promosi asuransi memberikan kontribusi pengaruh sebesar 0,905 atau 90,5%
terhadap penjualan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam
model.

Downloads

Published

2018-05-22

How to Cite

Amiruddin, A. (2018). ANALISIS PENGARUH REKRUTMEN, PELATIHAN, DISIPLIN DAN PROMOSI ASURANSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMI PUTERA 1912 CABANG GLODOK JAKARTA BARAT. JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 10(2), 15-26. https://doi.org/10.36310/jebi.v10i2.47