PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AIR MINUM ISI ULANG “MERK BIRU”
DOI:
https://doi.org/10.36310/jebi.v13i2.129Keywords:
kualitas produk, kualitas pelayanan, harga lokasi dan keputusan pembelianAbstract
Hasil analisis dengan menggunakan model regresi linier berganda, diperoleh hasil
perhitungan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan hasil uji t (parsial) didapat t hitung > t tabel ( 3,846 > 1,984) dengan nilai signifikasinya
didapat sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t (parsial) didapat t hitung > t
tabel (2,014 > 1,984) dengan nilai signifikasinya didapat sebesar 0,030 < 0,05, maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t
(parsial) didapat t hitung > t tabel (2,927 > 1,984)dengan nilai signifikasinya didapat sebesar 0,026 <
0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan hasil uji t (parsial) didapat t hitung > t tabel (3,646 > 1,984) dengan nilai
signifikasinya didapat sebesar (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis uji F,
diketahui sig (0,000 < 0,05), variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi
berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan jika penentuan
keputusan dengan cara membandingkan F dengan F . Pada F sebesar 15,615, dengan hitung tabel hitung
menggunakan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, df1 atau 5 - 1 = 4 dan df2 atau 100-4-1 = 95, maka
hasil yang diperoleh untuk F sebesar 2,70. Karena F > F (50,295 > 2,70) maka Ho ditolak dan tabel hitung tabel
Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, kualitas
pelayanan, harga dan lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.