PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMBUKA REKENING TAHAPAN BCA DI KCP MAYESTIK JAKARTA SELATAN

Authors

  • Nurcholizah Nurcholizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Susanto Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Sri Purwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan nasabah membuka Rekening Tahapan BCA di KCP Mayestik Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,732 > 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai thitung > ttabel (3,307 > 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai thitung > ttabel (3,396 > 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai Fhitung sebesar 17,033 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (17,033 > 2,68), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Sementara itu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,838 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan nasabah. Besarnya Adjusted R Square (Adj. R2) adalah 0,838 atau 83,8% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel keputusan nasabah sebesar 83,8% sedangkan sisanya sebesar 16,2% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Published

2022-03-08

How to Cite

Nurcholizah, N., Susanto, S., & Purwati, S. . (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMBUKA REKENING TAHAPAN BCA DI KCP MAYESTIK JAKARTA SELATAN. Jurnal Keuangan & Perbankan (JKP), 1(1), 55-72. Retrieved from https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/231

Issue

Section

Articles