https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/issue/feed Jurnal Keuangan & Perbankan (JKP) 2022-03-08T08:00:16+00:00 Susanto Susanto@stiebi.ac.id Open Journal Systems <p><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220314441537112">e-ISSn 2828-8165 </a></p> <p>Jurnal Kenuangan &amp; Perbankan (JKP) is a media for publishing articles and scientific works that have been reviewed. JIPAK is ready to receive manuscripts on any aspect related to Information System, Taxation, Accounting, and Public Financing.</p> <p>Jurnal Kenuangan &amp; Perbankan (JKP) accepts articles original empirical (qualitative or quantitative) research, literature reviews, theoretical or methodological contributions, integrative reviews, meta-analyses, comparative or historical studies that meet the standards established for publication in the journal on the following topics:</p> https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/228 PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada PT Multi Kreasi Digital Indonesia) 2022-03-08T07:46:33+00:00 Widi Widiarti Widiarti@gmial.com Wardhani Indah Sari IndahSari@gmail.com Asep Ardiansyah Ardiansyah@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Teknik pengambilam sampel dengan sampel jenuh. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R= 0.826 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel bebas yang terdiri dari variabel X<sub>1, </sub>X<sub>2,</sub> dan X<sub>3 </sub>secara bersama-sama dengan variabel dependen yakni Y. Nilai koefisien determinasi R<sup>2</sup>= 0.662 yang berarti variabel bebas yang terdiri dari variabel X<sub>1, </sub>X<sub>2,</sub> dan X<sub>3 </sub>dapat memberikan kontribusi&nbsp; pengaruh sebesar 66,2% kepada Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan nilai koefisien determinasi 66,2% sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.</p> 2022-03-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/229 ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN TOKEBI HANDBLANDER DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG PADA PT ELANG PRIMA RETAILINDO 2022-03-08T07:52:06+00:00 Wahyu Putri Lestari Lestari@gmail.com Ramadhani Hamzah Hamzah@gmail.com Heles Eriyanto Eriyanto@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya jumlah penjualan pada tahun 2018 dan mengetahui total biaya persediaan untuk dapat memenuhi persediaan pada tahun 2018 sesuai dengan perkiraan penjualan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis <em>forecasting</em> dan <em>inventory</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan di tahun 2018 akan mengalami penurunan, dengan presentase penurunan sebesar 35%. Metode <em>forecasting</em> yang paling tepat digunakan adalah metode <em>Linear</em> <em>Regression</em> dengan tingkat <em>error Mean Absolute Deviation (MAD)</em> sebesar 297,79 dan <em>Mean Square Error (MSE)</em> sebesar 147.126,99 dengan jumlah penjualan sebesar 5.973 unit. Sedangkan untuk total biaya persediaan dengan metode <em>Economic Order Quantity (EOQ)</em> adalah sebesar Rp. 9.442.694.475,-.</p> 2022-03-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/230 EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN KREDIT DAN PENERIMAAN KAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PT AMOR ABADI 2022-03-08T07:55:07+00:00 Mita Candra Candra@gmail.com Rudi Rudi Rudi@gmail.com Firda Camalia Camalia@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas dalam unsur-unsur pengendalian internal. Penelitian dilaksanakan diperusahaan industri penyamakan kulit PT Amor Abadi. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas pada PT Amor Abadi, belum efektif dan memenuhi unsur-unsur pengendalian intern, tetapi masih terdapat beberapa kelemahan, yaitu perangkapan fungsi tugas dan wewenang, penjadwalan pemesanan barang yang belum tersusun rapi serta sistem <em>computer</em> yang belum terprogram. Itu semua perlu perbaikan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan industri penyamakan kulit PT Amor Abadi adalah melakukan penyempurnaan struktur organisasi seharusnya bagian penjualan dibantu oleh bagian kredit. Adanya pemisahan fungsi bagian penjualan dan bagian kredit. Bagian penjualan menerima order dari pelanggan, bagian kredit memberikan persetujuan kredit para pelanggan dan menilai status kelayakan kredit, agar tidak adanya kecurangan dalam bekerja dan tidak menimbulkan kerugian dari perusahaan, sehingga efektivitas diperusahaan ini belum efektif.</p> 2022-03-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/231 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMBUKA REKENING TAHAPAN BCA DI KCP MAYESTIK JAKARTA SELATAN 2022-03-08T07:57:55+00:00 Nurcholizah Nurcholizah Nurcholizah@gmail.com Susanto Susanto Susanto@gmail.com Sri Purwati Purwati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan nasabah membuka Rekening Tahapan BCA di KCP Mayestik Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> (5,732 &gt; 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>(3,307 &gt; 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,002 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> (3,396 &gt; 1,979) dan nilai signifikan sebesar 0,001 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Nilai F<sub>hitung</sub> sebesar 17,033 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan F<sub>hitung </sub>&gt; F<sub>tabel</sub> (17,033 &gt; 2,68), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Sementara itu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,838 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan nasabah. Besarnya <em>Adjusted R Square</em> (<em>Adj. R<sup>2</sup></em>) adalah 0,838 atau 83,8% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel keputusan nasabah sebesar 83,8% sedangkan sisanya sebesar 16,2% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.</p> 2022-03-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jkp/article/view/232 ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK CENTRAL ASIA (BCA) PASAR PURI INDAH DI JAKARTA 2022-03-08T08:00:16+00:00 Ismaniar Ismaniar Ismaniar@gmail.com Sutarti Sutarti Sutarti@gmail.com Junaedi Junaedi Junaedi@gmail.com <p>Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Bank Central Asia (BCA) Pasar Puri Indah di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dalam pendekatan kuantitatif, digunakan metode <em>survey, </em>yaitu metode yang mengambil contoh dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Responden dalam penelitian ini adalah semua jumlah populasi yang berjumlah 30 responden. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian ini (1) Variabel gaya kepemimpinan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan hal ini dapat ditunjukkan dengannilai t<sub>hitung</sub> sebesar 2,164 &gt; t<sub>tabel</sub> &nbsp;(df = 29 dan N = 30) sebesar 2,045 dan nilai signifikan (Sig) 0,040 &lt; 0,05. (2) Variabel motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 4,705 &gt; t<sub>tabel</sub> &nbsp;(df = 29 dan N = 30) sebesar 2,045 dan nilai signifikan (Sig) 0,000 &lt; 0,05. (3) Variabel kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan, hal ini ditunjukkan dengan nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 4,786 &gt; t<sub>tabel</sub> &nbsp;(df = 29 dan N = 30) sebesar 2,045 dan nilai signifikan (Sig) 0,000 &lt; 0,05. (4) Secara bersama-sama atau simultan dari seluruh variabel bebas (gaya kepemimpinan, motivasi dan kompensasi) terhadap kinerja karyawan menunjukkan hasil terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai F<sub>hitung</sub> (53,631) &gt; F<sub>tabel</sub> &nbsp;(2,98) dan nilai signifikan menunjukkan 0,000 &lt; 0,05. Gaya kepemimpinan, motivasi dan kompensasi memberikan pengaruh sebesar 84,5% terhadap kinerja karyawan pada Bank Central Asia (BCA) Pasar Puri Indah di Jakarta sedangkan sisanya 15,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.</p> 2022-03-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022