PERAN MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BRAND HUSH PUPPIES DI MALL CENTRAL PARK JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.58413/jma.v3i1.475Keywords:
Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan lokasi dalam meningkatkan volume penjualan brand Hush Puppies di Mall Central Park Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis Partial Least Squares (PLS) menggunakan software SmartPLS. Data dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen Hush Puppies di Mall Central Park Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan lokasi (X4) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y), dengan nilai T-statistik masing-masing 0.211, 0.699, 0.355 dan 1.279 yang lebih kecil dari T-kritis 1,96 serta P-Value lebih besar dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seluruh variabel bebas (produk, harga, promosi, dan lokasi) tidak memiliki pengaruh terhadap volume penjualan, sehingga perusahaan perlu mengevaluasi dan mengawasi kembali strategi marketing mix (bauran pemasaran) mereka dan mungkin mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penjualan. Untuk meningkatkan volume penjualan maka perusahaan perlu melakukan evaluasi menyeluruh dan mengawasi indikator terhadap produk, harga, lokasi dan promosi. Ini termasuk mempertahankan atau mempertahankan kualitas produk, menyesuaikan strategi penetapan harga, dan mengembangkan kampanye promosi yang lebih efektif serta memanfaatkan lebih maksimal pemasaran online.