PERAN MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BRAND HUSH PUPPIES DI MALL CENTRAL PARK JAKARTA BARAT

Authors

  • Fauzul Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • M. Ichwan Hamzah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v3i1.475

Keywords:

Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri  dari  produk, harga, promosi, dan lokasi  dalam  meningkatkan  volume  penjualan brand Hush Puppies di Mall Central Park Jakarta Barat. Metode penelitian yang  digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis Partial Least Squares (PLS) menggunakan software SmartPLS. Data dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen Hush Puppies di Mall Central Park Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan lokasi (X4)  tidak  memiliki  pengaruh  signifikan  terhadap  volume  penjualan (Y), dengan nilai T-statistik masing-masing 0.211, 0.699, 0.355 dan 1.279 yang lebih kecil dari T-kritis 1,96 serta P-Value lebih besar dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seluruh variabel bebas (produk, harga, promosi, dan lokasi) tidak memiliki pengaruh terhadap volume penjualan, sehingga perusahaan perlu mengevaluasi dan mengawasi kembali strategi marketing mix (bauran pemasaran) mereka dan mungkin mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penjualan. Untuk meningkatkan volume  penjualan  maka perusahaan perlu melakukan evaluasi menyeluruh dan mengawasi indikator terhadap produk, harga, lokasi dan promosi. Ini termasuk mempertahankan atau mempertahankan kualitas produk, menyesuaikan strategi penetapan harga, dan mengembangkan  kampanye promosi yang lebih efektif  serta  memanfaatkan lebih maksimal pemasaran online.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Fauzul Hadi, & M. Ichwan Hamzah. (2025). PERAN MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BRAND HUSH PUPPIES DI MALL CENTRAL PARK JAKARTA BARAT. Jurnal Manajemen Almatama, 3(1), 51 - 74. https://doi.org/10.58413/jma.v3i1.475

Issue

Section

Articles