PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA BIMBEL BIMBAKU DI GADING SERPONG TANGERANG

Authors

  • Khusnul Khotimah
  • Meslo Pardede Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Heles Eriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v3i2.482

Keywords:

Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Penggunaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa pada bimbel biMBAku. Penelitian ini menggunakan data primer yang di peroleh dari kesioner yang dibagikan pada responden yang merupakan pengguna layanan bimbel biMBAku di Gading Serpong Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 87 responden yang diolah dengan menggunakan software SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Secara parsial variabel harga (X1) thitung > ttabel (2,591 > 1,98861) dan memiliki nilai signifikansi 0,011< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna (Y). variabel lokasi thitung > ttabel (5,061 > 1,98861) dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha di maka yang artinya lokasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna (Y).variabel kualitas pelayanan thitung > ttabel (2,537> 1,98861) maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya kualitas pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna (Y). Secara simultan di peroleh dari ftabel (2,48) < fhitung (24,373), maka Ho ditolak dan Ha diterima, Variabel independen yang terdiri dari harga (X1), lokasi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) dapat digunakan untuk memprediksi variabel dependen, yaitu keputusan penggunaan (Y). Besarnya Adjusted R Square adalah 0,449 atau 44,9% dapat menjelaskan pengaruh variabel bebas yang terdiri dari harga, lokasi dan kualitas pelayanan dapat memberikan kontribusi pengaruh sebesar 44,9% terhadap variabel terikat keputusan pengguna, sedangkan sisanya sebesar 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Khusnul Khotimah, Meslo Pardede, & Heles Eriyanto. (2025). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA BIMBEL BIMBAKU DI GADING SERPONG TANGERANG. Jurnal Manajemen Almatama, 3(2), 186 - 203. https://doi.org/10.58413/jma.v3i2.482

Issue

Section

Articles