https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/issue/feedJurnal Manajemen Almatama2025-07-23T04:45:29+00:00SUSANTOss.santo1967@gmail.comOpen Journal Systems<p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220316151520402" target="_blank" rel="noopener">eISSN 2829-0569 (Online)</a></p> <p>Jurnal Manajemen Almatama is published by Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia (STIEBI) as publisher faculty. The editorial receives general writing, <span class="Y2IQFc" lang="en">Management Study Program</span> areas in which no other media has ever been published and reviews of new management books and marketing services. Preferred writing is the result of field research or literature review. The evaluation process of papers submitted depends entirely on the "Blind Review" designated by the editor in chief in accordance with the reviewer’s expertise. </p>https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/article/view/481ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MITARIK LAIKER PONDOK INDAH MALL JAKARTA2025-02-02T13:01:07+00:00Tri Karyatitri.k@stiebi.ac.idKadek Ayu Susiani Dewikadekayus@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Mitarik Laiker Pondok Indah Mall Jakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner yang dianalisis dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,351) > ttabel (1,973) pada tingkat signifikansi 0,020 < 0,05; (2) harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (4,714) > ttabel (1,973) pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (3) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (7,381) > ttabel (1,973) pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (4) kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 38,306 > 2,65 pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 37,1% kepada loyalitas pelanggan sedangkan sisanya 62,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.</p>2025-07-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Tri Karyati, Kadek Ayu Susiani Dewihttps://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/article/view/486PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Kelurahan Grogol Utara)2025-04-25T07:02:34+00:00Rayka Fitriarayka.f@stiebi.ac.idDilawatil Hikmahdilawatil.hikmah@stiebi.ac.idMeikol Bennedbennedmuhammad@stiebi.ac.idBekti Setiadibekti_setiadi@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengambilan data melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden. Hasil penelitian ini adalah: Nilai (4,540 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa citra merek secara parsial berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai(3,950 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai (3,792 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai (91,992 > 2,70), dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa citra merek, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,861 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Besarnya nilai <em>Adjusted R Square </em>(<em>Adj.</em>) adalah 0,734 atau 73,4 % yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel keputusan pembelian sebesar 73,4% sedangkan sisanya sebesar 26,6% diterangkan oleh factor- faktor lain diluar penelitian.</p>2025-07-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Rayka Fitria, Dilawatil Hikmah, Meikol Bennedhttps://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/article/view/488PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG PEMASARAN PADA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF2025-06-16T12:46:06+00:00Abdul Rosidabdulrosid@stiebi.ac.idSri Purwatipurwati.dasa@gmail.comSiti Marliahsitimarliahyudi@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai bidang pemasaran pada kementerian pariwisata dan ekonomi kretaif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Kualitatif yang dikuantitatifkan. Sampel yang digunakan 100 Responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai Fhitung sebesar 97,481 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (97,481 > 2,81), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,930 yang berarti menunjukkan adanyakorelasi atau hubungan yang sangat kuat antara gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Besarnya <em>Adjusted R Square </em>(<em>Adj. R<sup>2</sup></em>) adalah 0,855 atau 85,5% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kinerja pegawai sebesar 85,5% sedangkan sisanya sebesar 14,5% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.</p> <p> </p>2025-07-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Abdul Rosid, Sri Purwatihttps://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/article/view/496PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-20202025-06-19T08:06:10+00:00Anggita Hani Nurhanisanggita.haninurhanis@steibi.ac.idSusantosusanto@stiebi.ac.idIrman Ramdhan Fauziirmanraf@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ROA diperoleh nilai thitung sebesar -1,056803 dan nilai probabilitas sebesar 0,2985, hasil tersebut menunjukkan bahwa ROA tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. ROE diperoleh nilai thitung sebesar 2,295683 dan nilai probabilitas sebesar 0,0284, hasil tersebut menunjukkan bahwa ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. NIM diperoleh nilai thitung -2,409883 dan nilai probabilitas sebesar 0,0219, hasil tersebut menunjukkan bahwa NIM berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Sedangkan secara simultan ROA, ROE dan NIM diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,698385 dan nilai probabilitas sebesar 0,062207, hasil tersebut menunjukkan bahwa secara simultan ROA, ROE dan NIM tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba.</p>2025-07-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anggita Hani Nurhanis, Susantohttps://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jma/article/view/501ANALISIS PERANAN PURCHASING DALAM PENGADAAN BARANG DI PT TRANSMARCO2025-07-22T06:03:12+00:00Luluk Khumaidahluluk.khumaidah@stiebi.ac.idSoemarijadisoemarijadi5@gmail.comHeles Eriyantoheles.eriyanto@stiebi.ac.id<p>Pengadaan barang merupakan salah satu proses penting dalam perusahaan, terutama di industri ritel seperti PT Transmarco. Peranan purchasing dalam pengadaan barang sangat krusial untuk memastikan ketersediaan barang dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan purchasing dalam pengadaan barang di PT Transmarco, yang meliputi proses permintaan barang oleh divisi marketing dan pembelian oleh divisi purchasing guna mendukung kelancaran operasional perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan barang di PT Transmarco dilakukan berdasarkan prosedur standar operasional (SOP) untuk memastikan efisiensi dan efektivitas proses. Prosedur pengadaan barang mencakup permintaan barang, penawaran harga, pemesanan, penerimaan, dan pembayaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengadaan di PT Transmarco dimulai dengan permintaan dari divisi marketing kepada staff purchasing dan disetujui oleh manajer purchasing.</p> <p> </p>2025-07-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Luluk Khumaidah, Soemarijadi, Heles Eriyanto