PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Mora Lovira Hendaprilla Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • M.Ichwan Hamzah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Hanandewa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi Kasus Kantin Mbok Limbok di Kementerian Perhubungan). Metode yang digunakan adalah metode survei lapangan dengan menyebarkan kuesioner langsung kepada pelanggan dan konsumen. Teknik sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling dengan jumlah sampel responden sebanyak 146 responden. Berdasarkan hasil pengujian, semua pertanyaan indikator dan dimensi variabel telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian dengan menggunakan Sructural Equation Modelling (SEM) berbasis Amos 22. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan menunjukkan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas, kualitas produk terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen, harga terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2015. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Penerbit Rajawali Pers. Jakarta.

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Dennisa, Eugenia Andrea dan Santoso, Suryono Budi. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmetic Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol. 5. Nomor 3. Tahun 2016. Halaman 1-13.

Feriyanto, Andri dan Triana, Endang Shyta. 2015. Pengantar Manajemen. Penerbit Mediatera. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Handoko, T.Hani. 2015. Manajemen.Edisi 2. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2016. ManajemenSumberDayaManusia. EdisiRevisi. Penerbit PT BumiAksara. Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Mora Lovira Hendaprilla, M.Ichwan Hamzah, & Hanandewa. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Bisnis Almatama, 2(1), 51 - 62. Retrieved from https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/jmba/article/view/382

Issue

Section

Articles