ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TRIOTIRTA KARSA ABADI (STUDI KASUS SPECIALIST WATER TREATMENT)

Authors

  • yunengsih yunengsih
  • Muhammad Ichwan Hamzah STIE Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36310/jebi.v11i2.23

Keywords:

Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PT Triotirta Karsa Abadi. Metode penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi berganda, dimana jumlah populasi berjumlah 346 dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sistematis yang berjumlah 115 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,673 yang berarti menunjukkan adanya korelasi/hubungan yang kuat antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan kepuasan pelanggan. Adjusted (R2) adalah 0,428 atau 42,8% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kepuasan pelanggan sebesar 42,8% sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Downloads

Published

2018-05-14

How to Cite

yunengsih, yunengsih, & Hamzah, M. I. (2018). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TRIOTIRTA KARSA ABADI (STUDI KASUS SPECIALIST WATER TREATMENT). JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 11(2), 97-111. https://doi.org/10.36310/jebi.v11i2.23

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>