PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART SYAHDAN RAYA JAKARTA

Authors

  • Jamaludin Abdul Wachid Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Sutarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Maria Dwi Puspasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v2i2.416

Keywords:

Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian ini menggunakan survey lapangan. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh ttabel sebesar 1,984. Karena nilai thitung > ttabel (2,805 > 1,984) dengan nilai sig (0,006) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa Lokasi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dimana diketahui hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,984. Karena nilai thitung > ttabel (3,062 > 1,984) dengan nilai sig (0,003) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Kualitas Pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dimana diketahui hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,984. Karena nilai thitung > ttabel (3,621 > 1,984) dengan nilai sig (0,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa Kualitas Pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisa uji F, diketahui nilai Fhitung > Ftabel yaitu 149,999 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000, sehingga keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian seluruh variabel bebas (Lokai, Harga dan Kualitas Pelayanan) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian nilai R sebesar 0,908 dapat menggambarkan tingkat hubungan yang sangat kuat antara variabel Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R2), dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini memiliki nilai Adjusted R Square  sebesar 0,819 atau 81,9%, hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan variabel Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan dapat memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian sedangkan sisanya sebesar 0,181 atau 18,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Jamaludin Abdul Wachid, Sutarti, & Maria Dwi Puspasari. (2024). PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART SYAHDAN RAYA JAKARTA. Jurnal Manajemen Almatama, 2(2), 184 -199. https://doi.org/10.58413/jma.v2i2.416

Issue

Section

Articles