PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, TERHADAP KEPUASAN SISWA MELALUI MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI YAYASAN ALDIANA KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Lisahara Mukaffie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Tri Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Sofia Maulida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jmba.v2i1.378

Keywords:

Kepemimpinan, Kemampuan Mengajar, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Mutu Pendidikan, Kepuasan Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada yayasan pendidikan Aldiana Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pendidikan dan kepuasan siswa selama mereka belajar di yayasan Aldiana. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil adalah siswa-siswi kelas X, XI, XII dan alumni di yayasan Aldiana. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X, XI, XII dan alumni. Sampel penelitian seratus dua responden yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, XI, XII dan alumni di yayasan Aldiana. Pengujian validitas dan reliabilitas kuisioner dalam penelitian ini digunakan program SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (SEM) dilakukan dengan menggunakan nilai t-value dengan tingkat signifikan 0.05. Nilai t-value dalam program AMOS 18.00 merupakan nilai Critical Ratio (CR) pada regression weight dari fit model. Apabila nilai Critical Ratio (CR) ≥ 1.967 dan nilai probation ≤ 0.05 maka H0 ditolak (hipotesis diterima). Hasil dari penelitian ini hipotesis yang diterima antara lain: motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan, kemampuan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Tetapi kemampuan mengajar guru tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan. Fasilitas belajar siswa tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Fasilitas belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa. Motivasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa dan mutu pendidikan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa.

References

Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Hidayah, Nurul. 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Idris, Jamaluddin. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Suluh Press. Yogyakarta. Mowen, John

C. dan Minor, Michael. 2004. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Mulyasa, H.E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja

Rosdakarya. Bandung.

. 2009. Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Sagala, Syaiful. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Bandung.

Siagian, Sondang P. 2010. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta. Jakarta. Sudaryono. 2017.

Metodelogi Penelitian. PT Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy. Bandung.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian Andi Offset.

Yogyakarta.

Udiutomo, Purwa. 2011. Analisa Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Program Smart Ekselensia Indonesia Tahun 2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa (melalui) www.undana.ac.id/ jsmallfib_top/ Edisi I. Halaman 7. (21 April 2017).

Usman, Nasir. 2012. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Alfabeta. Bandung. Wahjosumidjo.

Kepemimpinan dan Motivasi. Ghalia Indonesia. Bogor.

. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan.

Rajawali Pers. Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Lisahara Mukaffie, Tri Kurniawan, & Sofia Maulida. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA, TERHADAP KEPUASAN SISWA MELALUI MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI YAYASAN ALDIANA KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Manajemen Bisnis Almatama, 2(1), 01 - 13. https://doi.org/10.58413/jmba.v2i1.378

Issue

Section

Articles