PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Kelurahan Grogol Utara)

Authors

  • Rayka Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Dilawatil Hikmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Meikol Benned Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi
  • Bekti Setiadi Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v4i1.486

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan  adalah kuantitatif, dengan pengambilan  data  melalui  kuesioner  yang diisi oleh 100 responden. Hasil penelitian ini adalah: Nilai (4,540 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa citra merek secara parsial berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai(3,950 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0  ditolak dan Ha  diterima  sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai (3,792 > 1,984) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk secara  parsial  berpengaruh  signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai  (91,992 > 2,70), dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa  citra merek, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,861 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara citra merek, kualitas produk  dan  harga  terhadap  keputusan  pembelian. Besarnya nilai Adjusted R Square (Adj.) adalah 0,734 atau 73,4 % yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel keputusan pembelian sebesar 73,4% sedangkan sisanya sebesar 26,6%  diterangkan  oleh factor- faktor lain diluar penelitian.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Rayka Fitria, Dilawatil Hikmah, Meikol Benned, & Bekti Setiadi. (2025). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Kelurahan Grogol Utara). Jurnal Manajemen Almatama, 4(1), 18 -39. https://doi.org/10.58413/jma.v4i1.486

Issue

Section

Articles