PENGARUH MEMORABILITY, MEANINGFULNESS, LIKABILITY, ADAPTABILITY, DAN PROTECTABILITY IKLAN TOKOPEDIA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA/I STIE BISNIS INDONESIA CENGKARENG

Authors

  • Indra Setia Romadlon Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Siti Marliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Meikol Benned Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v3i1.449

Keywords:

Memorability, Meaningfulness, Likability, Adaptability,, Protectability, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada mahasiswa/i STIE Bisnis Indonesia Cengkareng. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i STIE Bisnis Indonesia Cengkareng jurusan manajemen angkatan 2017 yang berjumlah 92 mahasiswa/i yang mendengar jingle iklan Tokopedia di televisi, sedangkan dalam pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Hasil uji T menunjukkan memorability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan sig 0.046 < 0.05, meaningfulness berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan sig 0.037 < 0.05, likability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan sig 0.047 < 0.05, adaptability berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan sig 0.964 > 0.05, protectability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan sig 0.005 < 0.05, dan berdasarkan hasil uji F memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.000 < 0.05.

Downloads

Published

2025-01-22 — Updated on 2025-01-22

Versions

How to Cite

Indra Setia Romadlon, Siti Marliah, & Meikol Benned. (2025). PENGARUH MEMORABILITY, MEANINGFULNESS, LIKABILITY, ADAPTABILITY, DAN PROTECTABILITY IKLAN TOKOPEDIA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA/I STIE BISNIS INDONESIA CENGKARENG. Jurnal Manajemen Almatama, 3(1), 13 - 28. https://doi.org/10.58413/jma.v3i1.449

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)