PENGARUH KESADARAN HALAL, SERTIFIKASI HALAL, DAN KOMPOSISI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MI SAMYANG YANG TERDAFTAR BPOM RI PADA MASYARAKAT RW 04 DESA JATIMULYA TANGERANG

Authors

  • Adik Nuryamah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Siti Marliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v3i2.477

Keywords:

Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, Komposisi Produk, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini  untuk  mengetahui  pengaruh  Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, Komposisi Produk  terhadap Minat Beli pada produk Mi Samyang yang terdaftar BPOM RI pada Warga Desa RW 04 Desa Jatimulya, Tangerang, Banten. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diperoleh menunjukkan simpulan sebagai berikut: Kesadaran halal (X1) berpengaruh  terhadap minat beli (Y), memiliki  nilai  signifikansi 0,009< 0,05 dan t hitung > t tabel (2,672 > 1,98969) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kesadaran halal (X1) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  minat beli (Y).Variable Sertifikasi Halal (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Y), memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,820 > 1,98969) maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya Sertifikasi Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). Variabel kualitas komposisi produk (X3) berpengaruh terhadap  minat beli (Y), memiliki  nilai  signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,460> 1,98969) maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya komposisi produk berpengaruh positif  dan signifikan terhadap minat beli (Y). Hasil uji secara simultan dengan f hitung sebesar 31,072 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan f tabel sebesar 2,72 (84-3-1= 80), yang dapat  dilihat  pada  lampiran f tabel kolom df 3). Karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai  signifikansi yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 0,05, dan ftabel (2,72) < fhitung (31,072) maka Ho ditolak  dan Ha diterima, dapat  disimpulkan  bahwa model  regresi berganda  ini sangat  baik  untuk  digunakan. Variabel independen yang terdiri dari kesadaran halal (X1), Sertifikasi Halal (X2) dan komposisi produk (X3), dapat digunakan untuk memprediksi variabel dependen, yaitu variabel minat beli (Y).

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Adik Nuryamah, & Siti Marliah. (2025). PENGARUH KESADARAN HALAL, SERTIFIKASI HALAL, DAN KOMPOSISI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MI SAMYANG YANG TERDAFTAR BPOM RI PADA MASYARAKAT RW 04 DESA JATIMULYA TANGERANG. Jurnal Manajemen Almatama, 3(2), 122 - 146. https://doi.org/10.58413/jma.v3i2.477

Issue

Section

Articles