PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG PEMASARAN PADA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Authors

  • Abdul Rosid Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Sri Purwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Siti Marliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v4i1.488

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai bidang pemasaran pada kementerian pariwisata dan ekonomi kretaif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Kualitatif yang dikuantitatifkan. Sampel yang digunakan 100 Responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai Fhitung sebesar 97,481 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (97,481 > 2,81), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,930 yang berarti menunjukkan adanyakorelasi atau hubungan yang sangat kuat antara gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Besarnya Adjusted R Square (Adj. R2) adalah 0,855 atau 85,5% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kinerja pegawai sebesar 85,5% sedangkan sisanya sebesar 14,5% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

 

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Abdul Rosid, Sri Purwati, & Siti Marliah. (2025). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG PEMASARAN PADA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF. Jurnal Manajemen Almatama, 4(1), 40 - 59. https://doi.org/10.58413/jma.v4i1.488

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)