PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA RUMAHAN CEMILAN BYICA

Authors

  • Naufal Farhan Hidayatullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Sri Purwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v2i2.214

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Rumahan Cemilan Byica. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (13,901 > 1,990) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai thitung > ttabel (16,954 > 1,990) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai thitung < ttabel (0,982 < 1,990) dan nilai signifikan sebesar 0,329 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai Fhitung sebesar 42,310 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (42,310 > 2,72), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,876 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen. Besarnya nilai Adjusted R Square (Adj. R2) adalah 0,759 atau 75,9% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kepuasan konsumen sebesar 75,9% sedangkan sisanya sebesar 24,1% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Naufal Farhan Hidayatullah, Sri Purwati, & Susanto. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA RUMAHAN CEMILAN BYICA. Jurnal Manajemen Almatama, 2(2), 140 - 151. https://doi.org/10.58413/jma.v2i2.214

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)