ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING TOKO MAS GAJAH DI SENTRA GROSIR CIKARANG
DOI:
https://doi.org/10.58413/jma.v1i2.344Keywords:
Analisis SWOT, Marketing Mix, Strategi BersaingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui posisi keunggulan bersaing dan pemilihan alternatif strategi pada Toko Mas Gajah di Sentral Grosir Cikarang. Jenis data yang digunakan adalah data yang berasal dari sumbernya data internal dan eksternal melalui wawancara. Pengujian penelitian menggunakan teknik analisis SWOT, berdasarkan hasil matriks IE menunjukan EFAS 2,64 dan IFAS 2,96 perusahaan berada pada posisi sel ke 5 Pertumbuhan stabilitas, ini membuktikan bahwa Toko Mas Gajah berada di dalam industri yang menghadapi pertumbuhan kecil atau bahkan tidak ada. Berdasarkan diagram SWOT posisi Toko Mas Gajah berada di kuadran 1 oleh karena itu pemilihan alternatif strateginya adalah strategi SO (Strengths-Opportunities).