ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING TOKO MAS GAJAH DI SENTRA GROSIR CIKARANG

Authors

  • Dewi Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia
  • Meikol Benned Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58413/jma.v1i2.344

Keywords:

Analisis SWOT, Marketing Mix, Strategi Bersaing

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui posisi keunggulan bersaing dan pemilihan alternatif strategi pada Toko Mas Gajah di Sentral Grosir Cikarang. Jenis data yang digunakan adalah data yang berasal dari sumbernya data internal dan eksternal melalui wawancara. Pengujian penelitian menggunakan teknik analisis SWOT, berdasarkan hasil matriks IE menunjukan EFAS 2,64 dan IFAS 2,96 perusahaan berada pada posisi sel ke 5 Pertumbuhan stabilitas, ini membuktikan bahwa Toko Mas Gajah berada di dalam industri yang menghadapi pertumbuhan kecil atau bahkan tidak ada. Berdasarkan diagram SWOT posisi Toko Mas Gajah berada di kuadran 1 oleh karena itu pemilihan alternatif strateginya adalah strategi SO (Strengths-Opportunities).

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Dewi Wulandari, Susanto, & Meikol Benned. (2024). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING TOKO MAS GAJAH DI SENTRA GROSIR CIKARANG. Jurnal Manajemen Almatama, 1(2), 106 - 120. https://doi.org/10.58413/jma.v1i2.344

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)