PENGARUH VIRAL MARKETING, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE PADA TOKO FLANELLY BUSINESZ
Keywords:
Viral Marketing, Promosi, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui viral marketing, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian online melalui aplikasi Shopee pada toko Flanelly Businesz. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (8,560 > 1,986) sehingga viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung > ttabel (12,460 > 1,986) sehingga promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung > ttabel (15,103 > 1,986) sehingga harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung sebesar 106,775 dengan nilai Sig. 0,000, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung > Ftabel (106,775 > 2,70), maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa viral marketing, promosi, dan harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,882 yang berarti menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang sangat kuat antara viral marketing, promosi, dan harga secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Besarnya nilai Adjusted R Square (Adj. R2) adalah 0,771 atau 77,10% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel keputusan pembelian sebesar 77,10% sedangkan sisanya sebesar 22,90% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.