ANALISIS STRATEGI BERSAING MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM (Studi Kasus pada UMKM Warung Pak Ngah Pulau Rupat)
Keywords:
Strategi Bersaing, Matriks SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).Abstract
Warung Pak Ngah merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dibidang penjualan makanan dan minuman guna memuaskan selera konsumen dan sebagai preferensi bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang tepat dalam bersaing sehingga mendapatkan hasil bersdasarkan keputusan akhir yang akan diimplementasikan pada warung Pak Ngah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis berdasarkan formulasi dari manajemen strategi yaitu terdiri dari tahap input menggunakan analisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation), analisis matriks EFE (External Factor Evaluation), selanjutnya menggunakan tahap pencocokan berdasarkan matriks IFE dan matriks EFE yang dianalisis menggunakan matriks SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Threats), kemudian tahap akhir yaitu tahap keputusan sebagai penentu strategi bersaing guna memberikan hasil dari alternatif strategi berdasarkan matriks QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai keputusan akhir demi kelancaran dalam bersaing warung Pak Ngah yang berdasarkan matriks QSPM terdapat 2 alternatif strategi yang akan ditentukan sebagai keputusan akhir yaitu strategi mengembangkan produk dengan diferensiasi produk dengan skor 6,919, strategi merenovasi dan menambah interior dengan skor 4,501. Hal ini menyebabkan pengembangan produk dengan cara diferensiasi produk lebih menarik dilakukan.